Tuesday, 13 Oct 2020

Jenis – jenis Kertas Dalam Jasa Offset Printing

Jasa Offset Printing

Berikut pembahasan mengenai jenis kertas untuk cetak offset dan digital printing. Jenis kertas percetakan sebetulnya sangatlah beragam baik untuk jasa offset printing maupun digital printing. Masing-masing jenis kertas percetakan tersebut memiliki karakter serta fungsi yang berbeda sehingga sangat penting bagi Anda untuk mengetahuinya. Terlebih bagi Anda yang bekerja dalam dunia percetakan atau yang akan melakukan cetak berbagai jenis media baik secara offset maupun digital printing.

Jenis Kertas Untuk Cetak Offset

Proses cetak offset menggunakan peralatan sederhana dengan memindahkan sebuah plat pada lapisan karet barulah ke permukaan bahan. Proses cetak ini juga menggunakan tinta basah dan membutuhkan waktu untuk mengeringkan hasil cetak tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa cetak offset biasanya menggunakan beberapa jenis kertas diantaranya sebagai berikut.

1. Art Paper
Jenis kertas ini mempunyai tekstur permukaan yang licin dan halus. Biasa digunakan untuk mencetak brosur, majalah atau catalog.
Gramaturnya mulai dari 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr dan 150 gr.

2. Art Carton
Kertas jenis ini krakteristiknya sama dengan art paper, hanya lebih tebal. Biasa dipakai untuk mencetak kartu nama, cover buku, brosur, paperbag , map dan lain sebagainya.
Gramaturnya mulai 190 gr, 210gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr.

3. Ivory
Ivory hamper sama dengan art carton, tetapi ivory hanya mempunyai satu sisi licin, sisi yang lain tanpa coating. Ivory banyak digunakan untuk paperbag, dos-dos kosmetik. Karkteristiknya cukup tebal. Sehingga banyak customer yang memesan jasa offset printing menggunakan jenis kertas ini.
Gramaturnya 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, 400 gr.

4. Dupleks
Jenis kertas ini memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain berwarna abu-abu. Sisi putih ada yang coated dan ada juga yang non coated. Kertas ini umum dipakai untuk pembuatan dos packaging makanan maupun obat-obatan.
Gramaturnya mulai 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr, 450 gr, dan 500 gr.

5. HVS
Jenis bahan kertas yang memiliki permukaan kasar. Biasa digunakan untuk fotocopy atau printer. Biasanya untuk mencetak buku.
Gramaturnya mulai dari 60 gr, 70 gr, 80 gr, 100 gr.

6. Samson Kraft
Bahan kertas yang berasal dari proses daur ulang, memiliki warna coklat. Biasa dipergunakan untuk membuat paperbag dan bungkus.
Gramaturnya yang sering dipakai 70gr dan 80 gr.

7. BC
Jenis kertas ini memiliki tekstur yang halus namun tidak coated. Tersedia dalam beragam warna. Bisa digunakan untuk mencetak kartu nama, sertifikat dan lain-lain.
Gramaturnya yang biasa dipakai 160 gr, 220 gr, 250 gr.

8. Yellow Board
Jenis kertas ini cukup tebal, biasa digunakan untuk rangka dalam suatu undangan hard cover. Kertas ini tidak bisa dicetak offset, biasanya dilapis dengan art paper atau dupleks.
Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalannya, biasanya disebut YB 30 dan YB 40.

9. Fancy Paper
Jenis kertas dengan beragam warna dan karakteristik. Umum digunakan untuk membuat undangan. Ada banyak jenisnya seperti millennium, jasmine, java emboss, Hawaii dan lain-lain.
Gramaturnya juga cukup beragam mulai dari 80 gr, 100 gr, 220 gr, 300 gr.

10. Corugoated
Jenis kertas bergelombang untuk dos packing seperti dos indomie, dos computer dan lain sebagainya. Sama halnya dengan yellow board, kertas ini biasanya ditempel dengan kertas lain.

Melalui penjelasan di atas diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi Anda mengenai jenis kertas percetakan baik untuk jasa offset printing maupun jasa digital printing. Dengan informasi tersebut nantinya Anda akan semakin mudah dalam membedakan jenis kertas untuk keperluan percetakan serta bisa memilih kertas yang sesuai dengan kebutuhan sehingga hasil cetakan akan lebih memuaskan. Untuk mendapatkan promo diskon besar besaran jika anda memiliki kebutuhan untuk cetak printing silahkan kunjungi website official PT Argo Tama Karya sebagai Jasa Offset Printing yang telah dipercaya ribuan customer cek website offcial nya di sini https://atk.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *