Tuesday, 13 Oct 2020

Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Menjadi Kebiasaan Baik Selamanya

Seringkali seseorang mengikuti seminar pengembangan diri atau bisnis. Dan hanya termotivasi untuk berubah satu sampai dua hari. Setelahnya anda lupa dan tak termotivasi yang kemudian kembali kepada kebiasaan lama. Percuma saja jika anda mengikuti berbagai seminar bisnis dan pengembangan diri jika anda termotivasi untuk berubah positif hanya satu atau dua hari dan kembali kepada ke kebiasaan buruk yang lama. Anda tidak akan sukses dalam hidup anda.

Salah satu cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik adalah menghentikan kebiasaan buruk. Dan menggantikan dengan kebiasaan baik. Sangat sulit untuk menghilangkan kebiasaan buruk. Karena kebiasaan buruk sudah menjadi zona nyaman bagi orang itu. Dan kebiasaan baik jadi zona tak nyaman. Sehingga harus dibiasakan berlaku kebiasaan baik. Cara yang paling mudah menghilangkan kebiasaan jelek adalah menggantikannya dengan kebiasaan baik yang akan meningkatkan kualitas hidup anda.

Oleh sebab itu, pada waktu subuh ini penulis akan menjelaskan cara mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik selamanya. Sehingga impian anda bisa tercapai dengan cepat. Anda sudah terbiasa dengan kebiasaan baik dan menjad zona nyaman dan identitas diri. Sebelum mengetahui caranya mengatasi kebiasaan buruk maka lebih baik kita mengetahui penyebab kita sulit berubah atau selalu melakukan kebiasaan buruk, antara lain:

1.Impian terlalu tinggi

Contoh : Anda ingin mengubah kebiasaan orang penghasilan bulanan dari satu juta rupiah ke satu milyar rupiah perbulan. Dan anda sulit berubah dan mencapai target itu karena pikiran anda belum siap untuk menerimanya. Sehingga anda stres dan gagal. Sehingga menyalahkan diri sendiri. Seperti ungkapan saya ditakdirkan tak kaya raya dll. Pendek kata, impian anda jangan terlalu tinggi sehingga membuat anda stres dan mengurungkan niat untuk berubah.

Dengan impian yang terlalu tinggi sehingga tidak bisa dicapai bisa membuat anda stres dan kembali ke kebiasaan buruk yang lama. Oleh sebab itu, cara mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik selamanya harus dilakukan secara perlahan lahan. Karena pola pikir harus dilatih secara perlahan lahan sampai siap menerimanya. Misalkan dari kebiasaan penghasilan Rp 1 juta perbulan ke Rp 2 juta perbulan. Dan seterusnya.

2.Impian terlalu rendah

Dengan impian yang terlalu rendah akan membuat anda tak tertantang dan tak menarik bagi anda. Misalkan dalam motivasi bisnis akan semakin rendah.

Seseorang tidak mau mengubah kebiasaan buruk karena ia tak tertantang dengan target yang terlalu rendah. Ia sanggup melakukan lebih dari itu.

Yang penting adalah anda harus membuat impian yang tak terlalu tinggi dan tak terlalu rendah. Tapi sedang sedang saja dan tampak menarik bagi anda untuk mencapainya dan berubah. Lebih baik anda mendapatkan kemajuan sedang hari ini ketimbang dari hari kemarin. Rasulullah SAW bersabda: Orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin maka ia orang yang dirahmati Allah SWT. Dan orang yang sama hidupnya dari hari kemarin maka ia orang yang merugi. Dan orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka ia orang yang dilaknat oleh Allah SWT.

Dalam kehidupan ini anda harus mempunyai progres atau perubahan. Misalkan tahun ini anda memiliki penghasilan Rp 2 juta perbulan maka di tahun mendatang anda bisa mentargetkan Rp 3 juta perbulan.

Jenis Jenis Kebiasaan Buruk

Kata berubah berkaitan erat dengan tahun baru. Biasanya pada tahun baru dibuatkan resolusi resolusi baru untuk berubah. Berubah dari yang buruk ke arah yang lebih baik. Pada dasarnya bukan hanya setiap tahun. Tapi kita harus setiap hari untuk berubah menjadi lebih baik. Sungguh orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin adalah mereka yang dirahmati Allah SWT.

Berikut ini beberapa jenis kebiasaan buruk yang menghambat karir, bisnis dan kehidupan anda, antara lain:

1.Suka menyalahkan

Kebiasaan buruk ini merupakan bentuk melepaskan rasa tanggungjawab dan fatal akibatnya bagi kehidupan seseorang. Orang sukses adalah mereka yang bertanggungjawab atas kehidupannya. Mereka selalu tak menyalahkan orang lain apalagi dirinya sendiri.

2.Suka mencari alasan

Orang sukses adalah mereka yang selalu mencari jalan keluar dari setiap masalah. Sedangkan orang pecundang adalah mereka selalu mencari alasan.

3.Mengeluh

Kebiasaan buruk manusia yang lain adalah suka mengeluh. Allah SWT menciptakan manusia dengan sifat berkeluh kesah. Sehingga anda harus menghindari sifat buruk ini. Dengan cara tidak berkeluh kesah. Karena dengan kebiasaan berkeluh kesah tidak akan mengubah keadaan. Justeru akan memperkeruh keadaan.

Kebiasaan suka mengeluh bisa menghambat kehidupan bisnis, karir dan usaha seseorang menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, hindarilah berkeluh kesah. Bersyukurlah dengan apa yang anda miliki.

4.Suka bergosip

Inilah yang tidak diperbolehkan oleh Rasulullah SAW yakni bergosip atau mengata ngatai orang lain di belakangnya. Jika apa yang dikatakannya tentang orang lain itu benar maka itu disebut ghibah. Dan ghibah termasuk dosa yang perumpamaannya seperti memakan daging saudara sendiri. Kalau apa yang dikatakan tentang orang lain itu tidak benar maka ia telah berbuat dusta.

Hindarilah bergosip karena itu merupakan perbuatan tak produktif dan tercela. Anda tidak mau dikata katain sama orang lain kan? Begitupula orang lain tak mau dikata katain oleh anda.

5.Suka menunda

Menunda suatu perbuatan baik sangat berbahaya. Karena sangat mungkin anda jadi lupa untuk melakukannya. Menunda nunda perbuatan baik seperti air yang diam yang akan menjadi sarang penyakit atau nyamuk.

Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Menjadi Kebiasaan Baik Selamanya

Setelah mengetahui jenis-jenis kebiasaan buruk maka selanjutnya bagaimana cara menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Berikut ini cara mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan  baik selamanya, antara lain:

1.Memiliki tekad yang kuat

2.Libatkan orang lain

Tak ada salahnya untuk mengubah kebiasaan buruk jadi kebiasaan baik selamanya anda melibatkan orang terdekat anda. Karena cara ini sangat efektif. Jika anda melakukan kebiasaan buruk maka orang terdekat akan mengingatkan anda.

3.Bergaul dengan orang yang mempunyai kebiasaan baik. Jangan bergaul dengan orang yang memiliki kebiasaan buruk

4.Mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi

Mengapa orang suka melakukan kebiasaan buruk di atas secara berulang? Disebabkan kurangnya tingkat kesadaran mereka.

5.Catatan

Jika anda melakukan suatu kebiasaan buruk pada waktu dan jam tertentu maka anda bisa menulisnya di selembar kertas. Sehingga meningkatkan kesadaran anda untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Lakukan teknik ini selama 30 hari berturut turut.

Demikianlah cara mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik selamanya. Dengan menghilangnya kebiasaan buruk dalam diri anda maka dengan sendirinya kebiasaan baik akan bertambah pada diri anda. Yang selanjutnya akan meningkatkan kualitas hidup anda. Anda sudah merencanakan kehidupan di masa mendatang yang lebih baik. Dalam soal karir, bisnis, dan pekerjaan. Perlu disadari bahwa sebaik, secantik, setampan, sekuat, sekaya apapun anda jika mempunyai kebiasaan buruk di atas maka hidup anda akan percuma atau tak mengalami kemajuan. Anda bukanlah apa apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *